Blogger Meta Deskripsi Manual Lebih Baik & SEO Friendly

Jika beberapa bulan yang lalu Blogger belum mengintegrasikan fasilitas untuk membuat meta deskripsi berbeda pada setiap posting artikel dan saya pernah posting trik pasang meta tag deskripsi/keyword, nah..sekarang kita tidak perlu lagi memasang kode meta tag deskripsi atomatis yang sebenarnya kurang mendongkrak blog jadi SEO Friendly. Kenapa?, alasannya karena hasil dari pemasangan meta tag deskripsi otomatis adalah baku alias terprogram hanya mengulang judul posting dan nama blog tanpa memberikan penjelasan yang relevant untuk melengkapi topik yang sebenarnya ketika calon pengunjung melakukan browsing pencarian di search engine. Logikanya begini, anggaplah Anda seorang yang melakukan browsing mesin pencari, saat muncul 10 judul pada halaman pertama dari hasil pencarian - Apa yang biasa Anda lakukan? tentu melihat judul paling cocok dgn yang dicari.
Kemudian, dari 10 judul itu Anda akan memilih judul mana yang lebih lengkap penjelasannya/deskripsinya yang membuat Anda tertarik untuk mengunjungi blog/website tersebut, walaupun posisinya di bagian bawah...kan?. Harap diingat, posisi paling atas di mesin pencari tidak menentukan klik kunjungan dari para pencari informasi, tetapi akan memilah judul yang memberikan deskripsi singkat tapi berhubungan dan relevan.

Ok, ini adalah sebagian dari banyaknya alasan kenapa membuat deskripsi manual pada posting blogger lebih baik dan lebih seo friendly, dibanding memasang kode meta tag description otomatis pada template blog.

Untuk membuat blog seo friendly sebenarnya banyak cara dan beragam faktor yang perlu dilakukan, seperti : menggunakan template blogger yang standar SEO, pemilihan nama blog / alamat url blog, posting berkala yang berkwalitas dan segar, penulisan langsung saat membuat posting artikel, menggunakan judul yang menarik, navigasi halaman yang mudah, kecepatan loading blog, submit sitemap agar cepat diindeks dan banyak lagi. Lihat contoh dalam uji coba membuat deskripsi penelusuran pada samping kanan kolom posting saya di Tips SEO Bloggers.

Meta Deskripsi Manual

Karena saat ini yang saya bahas adalah blogger meta deskripsi manual lebih baik & seo friendly, maka contohnya juga yaa..cara mudah menulis deskripsi manual dari fitur terbaru yang disediakan blogger untuk menjawab pertanyaan dan harapan bloggeris beberapa bulan ke belakang. Maka, kita patut berterima kasih pada team blogger karena sudah mengintegrasikan kotak deskripsi manual di samping kanan halaman posting blogger, walaupun kita masih berharap Blogger secepatnya juga melengkapi fitur meta keyword manual/kata kunci manual agar setiap artikel memiliki kata kunci berbeda seperti di Wordpress. Tips ini saya share untuk blogger pemula agar menambah traffic pengunjung blog Anda. Semoga berguna.